Cara Blok Situs yang tak Di Inginkan


09 Maret 2012


Cara Memblokir Situs-situs Yang MengaaagumKan.

Posting ini merupakan request dari teman" saya. Pertama untuk  yang meminta agar saya membahas cara memblokir situs p*r*o, serta
yang meminta saya agar membahas cara memblokir situs-situs,khususnya Facebook dan Youtube, karena temannya sering meminjam komputer utk browsing ke situs-situs tersebut.
Mungkin anda gondok atau benci melihat orang yang meminjam komputer atau laptop anda hanya untuk membuka situs" seperti Facebook , Yuotube dll. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara untuk memblokir situs tersebut supaya ga' minjam" lagi.. Hehehe....



Sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan, mulai dari yang sangat sederhana, misalnya lewat Internet Explorer (yang setelah saya coba, tidak berjalan sebagaimana mestinya/situsnya tetap tampil), tingkat kesulitannya sedang, yaitu memanfaatkan file “hosts” – seperti yang akan saya bahas kali ini serta cara yang paling bagus (mungkin bukan sekarang ya, karena lagi-lagi saya harus mengatur waktu saya). Mudah-mudahan, suatu saat nanti saya bisa membahas cara yang paling bagus (menurut saya) tadi.
Oh ya, sekedar tambahan, untuk sahabat saya, cara ini memang sedikit merepotkan. Kenapa ? Karena cara ini harus mengetikkan satu persatu situs yang ingin diblokir. Cara ini sementara cocok untuk kita yang AntiNebeng, karena hanya mengetikkan 2 situs yang ingin di blokir saja, yaitu facebook dan youtube.
Baiklah, untuk menyingkat waktu, saya akan mencoba menerangkan langkah-langkahnya :
1.Buka Windows Explorer 

2.Cari file yang bernama “hosts” (tanpa tanda kutip) dengan cara membuka C:\WINDOWS\system32\drivers\etc 

3. Untuk berjaga-jaga, back-up lah dulu file “hosts” tadi menjadi “hosts.bak”, caranya, anda bisa meng-copy (jadi nanti hasilnya ada 2, hosts.bak dan hosts yg asli).

4.  Cara membuka file hosts tadi, klik open di file tersebut, jika extensionnya tidak dikenali, gunakan notepad untuk membukanya. 

5. Setelah terbuka, akan muncul tampilan seperti ini (gambar terlampir) 


6. Alamat IP 127.0.0.1 adalah alamat default dari komputer kita. Kita memerlukan file ini untuk “mengalihkan” alamat-alamat situs nantinya agar dikenali sebagai alamat IP komputer kita, sehingga nanti kalau muncul akan bertuliskan error. 

7. Masukkan alamat-alamat situs yang tidak anda inginkan dengan cara mengarahkannya ke alamat IP komputer kita. Awali dengan cara menampilkan IP kita dulu. Sebagai contoh :
127.0.0.1 facebook.com 
127.0.0.1 youtube.com
dan lain-lain

Syntax diatas adalah cara kita memblok alamat-alamat tertentu dari sebuah situs, misalnya facebook dan youtube.

Oh ya, cara ini bisa digunakan di semua versi Windows. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.
KAlo dah brasil add dong comentnya dan kunjungi blog ini lagi ya...

0 komentar:

Post a Comment

Blogger templates


Pages

Ads 468x60px

Followers

My profil

My Photo
Tito Sinra
Yang pasti saya bukan maho gais... :v
View my complete profile

Copyright © / TitoNicto

Template by : Urangkurai / powered by :blogger